Minggu, 17 Oktober 2010

Kunjungan di PT.Angkasa Pura I (Bandar Udara Internasional JUANDA-Surabaya) Dan di PT.Antar Surya Jaya (Koran Harian SURYA-Surabaya) 28 September 201

Oleh;
Nama : M. Ali Subhan
NIM : 2007-11-092



I. Pendahuluan
Dalam kunjungan KKL di PT. Angkasa Pura I dan PT. Antar Surya Jaya, pada hari selasa tanggal 28 september 2010 saya telah mendapat berbagai informasi khususnya tentang masalah pemasaran dari kedua perusahaan tersebut. Adapun PT. Angkasa Pura I adalah salah satu perusahaan BUMN di bidang penerbangan, hampir sebagian Bandar udara yang tersebar di wilayah Indonesia berada di bawah naungan PT ini. sedangkan PT. Antar Surya Jaya adalah perusahaan media yang mengelola Harian SURYA (Koran yang terkenal di wilayah Surabaya dan sekitarnya), dalam operasionalnya Harian SURYA bekerja sama dengan Kompas Gramedia yang sama- sama di bawah naungan PT. Antar Surya Jaya.
Dalam laporan yang saya susun ini akan membahas kinerja sistem pemasaran dari kedua lokasi kunjungan tersebut, yang pada bab- bab selanjutnya akan di terangkan lebih lengkap tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kedua perusahaan ini.

II. Permasalahan
a. Sistem pemasaran yang di terapkan pada kedua perusahaan tersebut berbeda sesuai bidang dan tujuannya masing- masing.
b. Bagaimana kedua perusahaan ini mampu mengelola dan menjalankan perusahaannya sejalan dengan kebutuhan customer (pelanggan).
c. Bagaimana kedua perusahaan ini memberikan pelayanan bagi masyarakat dari perusahaan yang di kelolanya.
d. Adakah permasalahan yang dapat menghalangi/ mengurangi kinerja dari kedua perusahaan tersebut di dalam sistem pemasaran yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat pada umumnya.

III. Pembahasan
I. PT. Angkasa Pura
PT. Angkasa Pura I yang berkantor pusat di Kota Baru Bandar Kemayoran Blok B-12 Kav. No. 2 Jakarta Pusat 10610 adalah salah satu perusahaan BUMN yang beroperasi di bidang penerbangan, hingga saat sekarang perusahaan ini telah mengelola 13 bandar udara yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia antara lain:
1. Bandar Udara Ngurah rai- Bali
2. Bandar Udara Juanda- Surabaya
3. Bandar Udara Hasanuddin- Makassar
4. Bandar Udara Sepinggan- Balikpapan
5. Bandar Udara Frans Kaisiepo- Biak
6. Bandar Udara Sam Ratulangi- Manado
7. Bandar Udara Adi Sumarmo- Surakarta
8. Bandar Udara Adi Sucipto- Yogyakarta
9. Bandar Udara Samsudin Nur- Banjarmasin
10. Bandar Udara Selaparang- Mataram
11. Bandar Udara Patimura- Ambon
12. Bandar Udara El Tari- Kupang
13. Bandar Udara Ahmad Yani- Semarang

II. Bandar udara Juanda di Surabaya
Sinopsis
 Bandar udara ini merupakan yang terpadat ke-2 se Indonesia setelah Bandar udara sukarno-hatta di Jakarta.
 Bandar udara ini sangat mengutamakan kebersihan, terbukti pernah mendapatkan penghargaan kategori Bandar udara dengan toilet terbersih se Indonesia.
 mengutamakan kenyamanan, keamanan serta kepuasan customer (pelanggan).
Tugas dan tanggung jawab
 Mengupayakan cepat, tepat dan keteraturan arus penerbangan udara bagi penumpang maupun barang di dalam lingkungan kerja Bandar udara.
 mengutamakan keselamatan, kenyamanan antar penerbangan baik itu internasional maupun domestik.
 menyelenggarakan kenyamanan bagi setip pengguna jasa di Bandar udara.
Visi
“Menjadikan perusahaan pengelola Bandar udara Juanda sebagai Bandar udara kelas dunia dalam memberikan manfaat dan nilai tambah kepada stakeholder”.
Misi
• Menyediakan pengusahaan jasa kebandarudaraan melalui pelayanan yang memenuhi keamanan, keselamatan dan kenyamanan
• Memberikan pengalaman suasana kebandarudaraan yang berkesan bagi pengguna jasa
• Meningkatkan nilai perusahaan dan kesejahteraan pegawai
• Mendukung peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat

Prospek strategi
Terminal yang terdapat di Bandar udara ini over kapasitas sekitar 7,03 %
Data fasilitas
 Luas Bandar udara Juanda : 680 Ha
 Run Way : 3.000 m + 45 m
kapasitas : 8.747 limited
 Taxi Way : 53.600 m2
luas total : 177.849 m2
 Gedung terminal : 62.701 m2
domestik : 31.053 m2
internasional : 43.675 m2
Fasilitas VIP
 Narsari room
 Warning gallery
Fasilitas umum
 toilet : 35 unit
 Mother care : 4 lokasi
 smoking area : 2 lokasi
Komitmen
 safety (keselamatan)
 security (keamanan dan ketertiban)
 service (pelayanan)
 complacency (kepuasan)

III. PT. Antar Surya Jaya
PT. Antar Surya Jaya adalah salah satu perusahaan yang beroperasi di bidang informasi, baik itu media cetak maupun elektronik. perusahaan ini telah berdiri sejak 1989(21 Th). Perusahaan ini mengelola beberapa media di antaranya Harian SURYA yaitu Koran yang sudah di kenal masyarakat luas khusunya bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya. media Harian SURYA bekerja sama dengan KOMPAS Gramedia yang sama- sama di bawah naungan PT. Antar Surya Jaya ini.
Harian SURYA berupaya memberikan informasi yang aktual, menarik, hangat, dan terpercaya. dalam kinerjanya perusahaan ini terus bersaing dengan Jawa Pos (salah satu media di Surabaya juga). Jumlah karyawan di media ini hingga saat ini sekitar 400 orang mulai dari staf puncak sampai karyawan harian.
Struktur Organisasi

Pemimpin Redaksi (pengawasan)

Redaksi Pelaksana (evaluasi, monitoring dan editing)

Redaktur (pemeriksaan halaman)

Wartawan (mencari berita di lapangan)


Tujuan umum
 knowledge (mengarah pada pengembangan pengetahuan).
Fasilitas umum
 hotel
 toko buku
 media : 1. Koran- Koran daerah
2. Berita online
 tergabung dalam stasiun tv yaitu TRANS7
Tanggung jawab
 mengutamakan isi berita yang lebih menarik untuk mensukseskan penjualan dan menarik pelanggan.
Penerbitan media
 surya
 fan
 ayo
Ada beberapa hal yang membedakan Harian SURYA dengan media lain, hal ini karena media ini adalah satu- satunya media yang berani menjual terbitan Koran dengan harga di bawah harga pasar yaitu sebesar 4000,-/ koran. statistik media ini mampu menjual 122.000- 130.000 koran/ minggu dengan jumlah 32 halaman setiap korannya.











IV. Kesimpulan dan Saran
Setelah kita membaca laporan yang telah saya susun ini dapat saya simpulkan antara lain:
1. Setiap perusahaan harus mempunyai sistem yang benar- benar baik untuk dapat menjalankan bidang usaha yang di kelolanya.
2. Perusahaan harus terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan/ masyarakat.
3. Sistem pemasaran yang baik dan kepercayaan masyarakat menjadi hal yang harus di perhatikan demi kesuksesan perusahaan itu sendiri.



Kudus,04 oktober 2010

Mengetahui
Peserta KKL Dosen pembimbing



M.Ali Subhan Drs. H. Taufik, Ms

Tidak ada komentar:

Posting Komentar